CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 13 November 2012

Alat Pemuas Kebutuhan


alat pemuas kebutuhan
Bentuk alat pemuas kebutuhan itu ada dua macam, yaitu barang dan jasa. 

I.     Barang 
Barang yang sering kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan kita diantaranya memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
·         Berwujud
·         Memiliki nilai dan manfaat yang dapat dirasakan saat digunakan
·          Bila digunakan, nilai, manfaat dan bendanya sendiri dapat berkurang atau bahkan habis   

Macam barang dapat diklasifikasikan sebagai berikut: 

1.    Menurut cara memperolehnya, barang dapat dikelompokan menjadi:
a.      Barang bebas, yakni barang yang untuk memperolehnya tidak diperlukan pengorbanan.   Misal, cahaya matahari dan udara.
b.      Barang ekonomi, yakni barang yang untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan. Misal,  makanan dan minuman yang mana diperlukan uang untuk membelinya.

2.    Menurut kegunannya, barang dikelompokan menjadi:
a.       Barang produksi, yakni barang yang digunakan untuk proses produksi lebih lanjut. Misal, kain yang akan digunakan untuk dijahit menjadi pakaian.
b.      Barang konsumsi, yakni barang yang dapat langsung digunakan dan dikonsumsi oleh seseorang. Misal, Pakaian yang bisa langsung digunakan.

3.    Menurut proses pembuatannya, barang dikelompokan menjadi:
a.       Barang mentah, yakni barang yang belum mengalami proses produksi. Misal, kapas, kayu, rotan, padi, tembakau, kulit.
b.      Barang setengah jadi, yakni barang yang sudah melalui proses produksi akan tetapi belum siap pakai. Misal, benang yang dibuat dari kapas untuk dibuat menjadi kain.
c.       Barang jadi,  yakni barang yang sudah melalui proses produksi dan siap pakai untuk memenuhi kebutuhan. Misal, sepatu, pakaian, roti dan sebagainya.



4.    Menurut hubungannya barang dibagi menjadi:
a.       Barang Substitusi, yakni barang yang dapat mengganti fungsi barang yang lain. Contohnya: lampu neon yang dapat menggantikan fungsi dari lampu pijar sebagai penerangan.
b.      Barang komplementer, yakni barang yang dapat melengkapi fungsi dari barang lainnya. Contohnya: Bensin yang dapat melengkapi mobil sebagai alat transportasi, tanpa bensin mobil tidak bisa dijalankan.

II.    Jasa 
Jasa adalah alat pemuas kebutuhan yang berupa pelayanan, misalnya kita naik angkutan umum, kita memotong rambut di salon dan lain sebagainya. ciri-ciri jasa antara lain :
·         Tidak berwujud dan tidak dapat diraba
·         Dapat dirasakan
·         Bila digunakan tidak habis

0 komentar:

Poskan Komentar