CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 03 September 2013

Bahasa Irlandia

Bahasa Irlandia (Gaeilge) ialah bahasa Keltik yang dipertuturkan terutama di Republik Irlandia (Éire). Ada juga penutur Irlandia diBritania Raya (Ríocht Aontaithe), Amerika Serikat (Stáit Aontaithe Mheiriceá), Kanada (Ceanada) dan Australia (an Astráil). Menurut sensus 2001, 1,6 juta orang di Irlandia menyatakan mengenal bahasa ini, 353.000 dari yang menuturkannya secara reguler. Konsentrasi utama penutur bahasa Irlandia ialah di Gaeltachtaí, yang tersebar terutama di sepanjang sisi barat Irlandia dan memiliki jumlah keseluruhan 82.715; 76,3% dari penuturnya.
Ada 3 dialek utama bahasa Irlandia: Munster (An Mhumhain), Connacht (Connachta) dan Ulster (Ulaidh). Logat Munster, yang dianggap sebagai bentuk standar bahasa ini, diucapkan terutama di Kerry (Ciarraí) dan Muskerry (Múscraí) di bagian barat Daerah Cork (Contae Chorcaí). Logat Connacht diucapkan terutama di Connemara (Conamara) dan Kepulauan Aran (Oileáin Árann). Daerah utama di mana logat Ulster diucapkan ialah di Rosses (na Rosa).

Bahasa Irlandia (Gaeilge na hÉireann), yang juga dianggap sebagai bahasa Gaelik Irlandia atau Gaelik, berkaitan erat dengan bahasa Manx (Gaelg Vanninagh) dan bahasa Gaelik Skotlandia (Gàidhlig na h-Alba). Logat Ulster dari bahasa Irlandia terutama berkaitan engan bahasa Gaelik Skotlandia.

0 komentar:

Posting Komentar