CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 03 September 2013

Bahasa Swedia

Bahasa Swedia (Bahasa Svenska atau Bahasa Swensk) ialah bahasa Jermanik Utaradengan sekitar 9 juta penutur di Swedia, Finlandia, Estonia, Norwegia, Kanada danAmerika Serikat.

Sejarah

Finlandia dikuasai Swedia dari abad ke-12 sampai 1809 dan selama masa itu, bahasa Swedia merupakan bahasa utama pemerintahan dan pendidikan di sini. Kini bahasa Finlandia dan Swedia memiliki kedudukan sama sebagai bahasa resmi di Finlandia.
Bahasa tertulis pertama Skandinavia yang diketahui ialah Norwegia Kuna atau Dånsk tunga (lidah Denmark), yang muncul dalam tulisan Rune dari sekitar 700 M ke atas. Antara 800 dan 1050 M pembagian mulai muncul antara Norse Timur, yang berkembang ke dalam bahasa Swedia dan Denmark, dan Norwegia Barat, yang berkembang ke dalam bahasa Norwegia, Faroe dan Islandia.
Salah satu penggunaan awal bahasa Swedia sebagai bahasa sastra ialah "Alkitab Gustav Vasa ", diterjemahkan dan diterbitkan pada 1540-1541 di bawah perlindungan Raja Gustav Vasa.

Abjad


Bahasa Swedia menggunakan aksara Latin, dengan tambahan huruf å, ä, dan ö. Huruf Q tak dipakai dalam bahasa Swedia modern: disisihkan dalam perbaikan ejaan 1906. Kini K digunakan, kecuali pada nama diri. Secara mirip W (dubbel-ve) biasanya digantikan dengan V, kecuali dalam nama diri. Z hanya muncul dalam masukan kata asing.

0 komentar:

Posting Komentar