CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sabtu, 07 September 2013

Bahasa Tamil

Bahasa Tamil (Tamil: தமிழ்), di antara bahasa-bahasa Dravida lainnya merupakan bahasa yang unik, terlepas dari lebih dari 50 juta penuturnya diTamil Nadu, penutur bahasa Tamil juga banyak ditemukan di Srilanka(wilayah Jaffna dan Trincomalee), Malaysia, Singapura, Myanmar, Indonesia(terutama wilayah Sumatera Utara), Afrika Selatan, Fiji dan Mauritius.
Di samping itu, karena daerah Tamil Nadu telah menjadi pusat perlintasan dagang yang utama dari masa ke masa, maka daerah ini juga melakukan kontak dengan berbagai bangsa, yang dapat terlihat dari banyaknya kemiripan kosakata beberapa bahasa dengan Tamil. Kosakata rice dansandalwood dalam bahasa Inggris, meski dikatakan berasal dari bahasa Yunani, namun pada kenyataannya dua kata itu justru pinjaman dari bahasa Tamil.

Tata bahasa Tamil[sunting]

Bahasa Tamil ditinjau dari sisi ketatabahasaannya terbagi menjadi lima bagian, yakni:
·         Ezuthu (Tamil : எழுத்து) (Huruf)
·         Sol (Tamil : சொல்) (Kata)
·         Porul (Tamil : பொருள்) (Makna)
·         Yaappu (Tamil : யாப்பு) (struktur puitis), dan
·         aNi (Tamil : அணி) (tata puitis)
Buku tata bahasa Tamil yang pertama ditulis dalam huruf Aghatiyam, namun karena sumber dari huruf ini tidak tersedia, maka yang diakui adalah buku tatabahasa berhuruf Tolkappiyam.

Kemudian dari susunan kata, terdapat empat jenis, yaitu : uriccol atau kata dasar yang dipakai dalam karya sastra kuno dan tidak lagi dipakai; kemudian tiNai yang dibagi menjadi uyartiNai (kata benda yang mengacu pada perorangan, mencakup manusia, dewa dan setan) dan akRiNai (untuk benda mati dan binatang kategori rendah dan netral). Sedang untuk kelompok binatang yang sederajat dengan manusia digolongkan ke dalam jenis uyortiNai. Kemudian untuk menyatakan jumlah untuk jenis kelamin netral disebut sebagaiPalar paal. AkRiNai dikelompokkan lagi menjadi onRan paal (kata tunggal untuk kelompok impersonal), dan palvin paal (jamak untuk kelompok impersonal).

0 komentar:

Posting Komentar